Rabu, 31 Desember 2014

Pengalaman Sebagai Nasehat Yang Berharga



Sesuatu hal yang sangat menyedihkan ketika saya terkena pengurangan karyawan di suatu perusahaan retail, hal ini berakibat terhentinya pemasukan keuangan bulanan saya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Saya berharap kepada Allah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan yang saya telah tinggalkan ini. Disini saya akan mengemukakan beberapa kemungkaran selama saya bekerja di perusahaan retail tersebut, semoga tulisan yang sederhana ini dapat menjadikan pelajaran bagi saya dan bagi siapa saja yang membacanya. Kita mengetahui kemungkaran untuk menghindarinya sebagaimana dalam sebuah syair
            Saya mengetahui keburukan bukanlah untuk kulakukan
            Tapi untuk kewaspadaan
            Barangsiapa yang tidak mengetahui keburukan dari kebaikan,
            Niscaya dia akan jatuh di dalamnya
Diantara kemungkaran yang saya maksudkan adalah diantaranya :
1.      Bekerja di perusahaan retail semisal mall tidak dibolehkan karyawannya untuk memelihara jenggot dan kumisnya, semuanya harus dirapikan dipangkas habis padahal dalam Islam mencukur jenggot hukumnya haram berdasarkan dalil-dalil yang sangat banyak dari hadits-hadits Nabi shalallhu’alaihi wa sallam, diantaranya saya sebutkan. Rasulullah shalallahu’laihi wa sallam bersabda :
Cukurlah Kumis dan peliharalah lihya(jenggot)” (HR. Bukhari 5893 dan Muslim 259)
Selesihilah orang-orang musyrik, lebatkanlah jenggot dan cukurlah kumis.” (HR. Bukhari 2892)
Jadi jelaslah bahwa hadits-hadits diatas menunjukkan perintah bagi kita untuk memelihara jenggot, bukan malah mencukur semuanya jenggot dan kumis sampai habis.
2.      Bekerja di mall lebih banyak karyawan wanitanya daripada laki-laki dan terjadilah ikhtilat di dalamnya. Ini merupakan sebuah sumber fitnah, yang lebih baik dijauhi, walau pun banyak orang yang meremehkan fitnah ini padahal fitnah wanita merupakan fitnah yang besar bagi kaum laki-laki, sebagaimana sabda Nabi shalallahu’alaihi wa sallam diriwayatkan oleh syaikhain,”Tidaklah aku tinggalkan sepeninggalku fitnah yang paling berbahaya bagi kaum laki-laki dari fitnah kaum wanita.”
3.      Undian berhadiah yang mirip dengan perjudian, hal ini banyak jika seorang muslim yang thalabul ilmi mau mengamatinya.
4.      Bekerja di mall seorang pekerja tidak boleh meninggikan celananya diatas mata kaki, karena hal ini dianggapnya kolot tidak sesuai dengan perkembangan zaman.
5.      Banyak jual belinya yang melanggar aturan agama.
Demikian beberapa hal yang saya amati selama bekerja di mall, dan akhirnya Alhamdulillah Allah menyelamatkanku dan mengeluarkanku dari bekerja disana karena terkena pengurangan karyawan. Semoga Allah memberikan pengganti yang lebih baik.



Pekalongan, 9 Rabiul Awwal 1436 H

Saiful Abu Zuhri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar