Jumat, 23 Desember 2016

Shalat di belakang shof sendirian

Soal: Saya pernah mendengar hadits mengatakan tidak bolehnya seseorang shalat di belakang shof sendirian, dia harus menarik salah satu yang ada di depannya supaya dia tidak sendirian. Apakah ini benar? Mohon dijelaskan, syukron.

Jawab: Hadits-hadits yang melarang seseorang shalat sendirian di belakang shof dan perintah mengulanginya adalah shahih, seperti hadits:

عن وابصة بن معبد أن رجلا صلى خلف الصف وحده فأمره النبي أيعيد الصلاة
Dari Wabishoh bin Ma'bad, bahwasanya ada seseorang yang shalat sendirian di belakang shaf, maka Nabi shalallahu'alaihi wa sallam memerintahkannya untuk mengulangi shalatnya. (HR. Abu Dawud 682, Tirmidzi 1/448 sanadnya shahih ditakhrij dalam Al Irwa' no. 541 oleh Syaikh al Albani rahimahullah)

Sedangkan hadits tentang perintah menarik salah seorang yang ada di depannya supaya bershof bersamanya adalah dha'if, hadits itu adalah:
فقال النبي: ألادخلت في الصف أوجذبت رجلا صلى معك أعد الصلاة
Maka Nabi shalallahu'alaihi wa sallam bersabda kepadanya (orang yang shalat sendirian di belakang shof): "Kenapa engkau tidak masuk ke dalam shof atau menarik salah seorang supaya shalat bersamamu (dalam shof), ulangilah shalatmu!".

Syaikh al Albani rahimahullah berkata: "Sanad hadits ini wahin jiddan (sangat lemah), tidak sah sebagai dalil, karena (dalam sanadnya) ada Qois, dia perawi dha'if, dan Ibnu Abdawaih dia lebih sangat dha'ifnya dari Qois." Kemudian syaikh al Albani menambahkan:"Apabila telah diketahui kedha'ifan hadits ini, maka tidak diperbolehkan mengatakan disyariatkan menarik salah seorang untuk bershof bersamanya, karena perkataan ini adalah pensyari'atan tanpa nash. Dan wajib dilaksanakan adalah bergabung dengan sbif yang ada kalau memungkinkan, kalau tidak, maka shalat sendirian di belakang shof, dan shalatnya sah, karena Allah tidak membebani hamba-Nya dengan apa yang tidak dimampunya." (lihat silsilah Al hadits Ad Dha'ifah no. 922)

1 komentar:

  1. Betting on Football | MapYRO
    The best 진주 출장마사지 Football betting tips for today ➜ 강릉 출장샵 get the best free football tips for 문경 출장안마 today and tomorrow, plus 세종특별자치 출장샵 our 동해 출장안마 football prediction & soccer pick.

    BalasHapus